Jumat, 16 April 2010

Masuk FTb, Takut Lapangan Pekerjaan Ga Jelas? Find The Answers!!

Awalnya masuk FTb dibilang orang tua "nanti susah cari kerja". Tapi yang namanya udah bandel & cinta ya susah untuk dibilangin, tetep kekeh mau masuk FTb.

Sebenarnya yang namanya cari kerja di zaman sekarang itu emang sulit. Mau cari pekerjaan yang gaji besar dan langsung dapat posisi tinggi ketika mulai bekerja dengan kondisi baru lulus S.Si (Sarjana Science) memang susah bahkan bisa dibilang sebagai kondisi yang mustahil untuk dilihat. Di FTb, kita bukan hanya diajari biologi, biologi, dan biologi saja tetapi kita juga diajari bagaimana cara untuk bertahan di suatu perusahaan, meskipun pekerjaannya tidak berbau biologi. Sebagai contoh, mata kuliah yang memberikan hal tersebut yaitu manajemen industri dan pemasaran produk tingkat tinggi. Dalam kedua mata kuliah ini, kita diajari ilmu manajemen dan marketing (tidak terbayang bukan....). Oleh karena itu, jangan bingung jika kebanyakan posisi manajer diduduki oleh orang yang berlatar belakang biologi.


Berikut adalah beberapa contoh tawaran pekerjaan di bidang biotek:


1. Biorisk Officer di Stem Cell & Cancer Institute (SCI), yang bertugas untuk turut menyusun dan mengawasi pelaksanaan sistem, prosedur dan kebijakan yang terkait dengan biosafety dan biosecurity di Laboratorium SCI.


2.Peneliti Bidang Bioteknologi Tanaman

Pekerjaan meliputi riset di bidang aplikasi bioteknologi pada tanaman


3. Marketing Bioteknologi

4.Water Treatment

Mengelola limbah bukan hal yang mudah. Kita tahu makin hari makin banyak pencemaran yang ada. Di FTb ini diajarkan bagaimana melestarikan alam dengan meminimalkan efek pencemaran lingkungan. Lingkungan atau bumi yang kita tempati saat ini merupakan pinjaman dari anak cucu kita. Apa saja yang dilakukan? Di water treatment kita akan belajar untuk mengendalikan limbah yang masuk ke lingkungan, apakah kadar Oksigen, zat beracun dan berbahaya pada limbah telah sesuai dengan kadar yang dapat diterima oleh lingkungan. Selain itu kita juga bisa melakukan uji kelayakan air pada lingkungan, apakah air di lingkungan tersebut dapat digunakan untuk pengairan atau air minum.


Itu contoh-contoh lapangan kerja di biotek. Karena masih termasuk dalam cabang ilmu biologi dan sebagian besar pengajarannya tentang biologi kita jadi tahu tentang biologi secara luas. Selain di bidang biologi dan sekitarnya, anak-anak lulusan FTb juga bisa melamar di lapangan pekerjaan yang di luar bidangnya (akan tetapi, bersiaplah untuk mendapat pertanyaan "Mengapa masuk bidang ini, tidak masuk ke bidang biologi?"). Berikut adalah contoh-contoh lapangan pekerjaannya:


1. HRD, divisi ini mungkin kalian udah cukup banyak tahu dari program televisi beberapa tahun lalu yang mengambil setting di sebuah perusahaan tv dengan bos bergaya militer yang super galak. Yup, Human and Research Development kerjaan utamanya mencari tenaga kerja baru untuk perusahaan, selain itu juga menetapkan promosi jabatan dan penempatan seseorang dalam perusahaan. Nah, kalau orang FTb yang masuk disini, biasanya dia akan dimintai bantuan untuk masalah-masalah tentang kinerja 'seseorang' dalam perusahaan itu, apakah dia cocok untuk memimpin sebuah proyek penelitian.

2.STAF RISET(Riset Marketing & Produk)
Biasanya tugasnya yaitu merencanakan, menganalisa, mempresentasikan hasil riset (baik riset produk maupun marketing)


3.Analyst of Consumer Insights & Marketing Intelligence


Sekian contoh-contoh pekerjaannya.


P.S. Kalau dilihat sekarang, mencari pekerjaannya tidak susah hanya saja butuh teknik-teknik tertentu untuk mendapatkan pekerjaannya (itu yang sulit T.T).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar